Rabu, 29 Desember 2010

UAS MON

YAYASAN MUTIARA BANI SHOLIHIN

Yayasan yatim piatu dan anak-anak dhuafa. Kav.islamic blok d no.154 rt 03 rw 07 desa cibiru hilir kecamatan cileunyi-bandung. Telp:022-92379504,92867012-no rekening bank muamalat : 9182662399. A.n. M toha aji susanto.- akta notaris : diastuti,sh no.28 tanggal 28 juli 2009.




A.  Sejarah
Diawali dari semangat tinggi serta didukung oleh rasa tanggung jawab moril terhadap keberadaan anak-anak yatim, piatu dan dhuafa, mulailah dirintis proses pembinaan dan pembentukan prilaku anak yang berkualitas dengan ketaatan kepada Allah SWT.  pada tahun 2007 bpk sugriono berserta pengurus yang lain merealisasikan niatnya,langkah awalnya yaitu dari mengumpulkan masyarakat sekitar yang kurang mampu dan anak yatim maupun  piatu, lalu dilanjutkan dengan sunatan masal. Yang pada saat itu belum memiliki lokasi yang tetap. Sampai akhirnya pada bulan ramadhan ada seorang dermawan yang mengontrakan rumah untuk sekertariatan, tapi itu hanya  berlangsung 1 bulan, lalu berpindah lagi, dan hanya bertahan 1 tahun, pada saat itu jumlah anak yang bermukim berjumlah 15 orang dan jumlah aanak asuh ada 100 orang. Keadaan itu berlangsung hingga tahun 2008. Sampai akhirnya pada tahun 2009, hasil dari zakat, infaq dan sadaqah dari masyarakat dan donatur, terbangunlah Rumah Ceria 1 yaitu bertempat di Kav.islamic blok d no.154 rt 03 rw 07 desa cibiru hilir kecamatan cileunyi-bandung. Dengan nama Yayaan Yatim Piayu Dan Dhiafa Mutiara Bani Sholihin.
Pada awal pembentukannya. Nama yayasan in adalah Muhammad Yunus ibnu Sholihin lalu berganti menjadi Mutiara Sholihin dan berubah kembali menjadi nama Mutiara Bani Sholihin. Yang mempunyai arti yaitu Agar anak-anak yang tinggal di tempat ini menjadi anak yang berkilau karena kesholehannya. Dan sekarang Yayasan Mutiara bani Sholihin sekarang sedang dalam proses pembangunan untuk Rumah Ceria II yang pembangunannya sudah di mulai sejak bulan September 2

B.  Visi dan Misi
Menyiapkan dan mencetak generasi penerus yang kuat dan tawakal kepada Allah SWT dan menjadikan ingenerasi penersu bangsa yang siap guna. Dengan metode pendidikan Home Schooling antara lain :
  1. Melahirkan anak-anak sebagai generasi penerus yang berakhlakul karimah yang memahami Al-Quran dan As-sunnah.
  2. Mencetak anak-anak sebagai generasi penerus yang siap guna dalam berperan serta pembangunan ilmu pengetahuan yang berazaskan Nur Kalamullahdan Nur Sabda Rasulullah.
  3. Membentuk anak-anak sebagai generasi penerus yang beriman dan bertakwa sebagai bekal penyebaran syiar agama keseluruh alam ,Insya Alloh.
C.  Tujuan
Tujuan dari adanya pembinaan di yayasan panti Asuhan dan Dhuafa Mutiara Bani Sholihin dalah untuk perbaikan akhlak. Agar anak-anak yang berasal dari tempat ini mempunyai akhlak yang baik dan mempunyai pengetahuan yang luas tentang ilmu. Sehingga bisa bermanfaat di tengah-tengah masyarakat.Dan dapat mencetak anak-anak sebagai generasi penerus bangsa yang siap guna dalam ,bidang pendidikan khusus diantaranya aqidah, Al-Quran. Hadits dan pendidikan umum. Sistem pengajaran pun menggunakan metode Home Schooling yang diselenggarakan secara intensif selama 24 jam.








D.  Struktur Kepengurusan



Pengurus
Ibu Sugiarti
 


Bendahara
Bpk Bagasworo
 


Pengurus
Ibu Dede
 


Pengurus
            APandu
 













Staf Pengajar
1.      Ust.Adin Nurdin,
2.      Ust.Engkos,
3.      Ust.Pupung



E.   Program Kegiatan

1.    Shalat Subuh berjamaah
2.    Sekolah formal
3.    Ta’lim setiap subuh dan magrib, secara bergantian
4.    Shalat Ashar lalu mengaji
5.    Les bahasa inggris
6.    Les seni lukis
7.    Belajar komputer (sebagian)
8.    Setiap hari rabu ada kegiatan olahraga ke Erlangga, yaitu futsal dan renang.(ecara bergiliran)
9.    Setiap liburan ada jalan-jalan
10.     Ada tabungan untuk anak-anak panti

F.   Proses Penerimaan
     Proses penerimaan anak asuh di yayasan Mutiara Bani Sholihin yaitu dengan melakukan survai ke tempat tinggalnya dan menunjukan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan setempat.

G.  Fasilitas
1.Kamar tidur
2. Musholla
3. Ruang serbaguna
4. MCK
5. tempat Wudhu
6. Ruang makan
7. Sekertariat
8. Dpur

H.  Sumber Dana
     Sumber dana di dapatkan dari infaq, zakat dan sumbangan dari semua dermawan dimana saja berada. Terdapat juga donatur tetap, salah satuny yaitu bpk H. Ali.Adapun cara pemberian sumbangan dapat dilakukan melalui rekening Bank Muamallat: 9182662399 atau bisa diserahkan langsung ke kantor kesertariatan.

I.     Kegiatan-kegiata yang sudah terealisasi
Description: Description: Description: Description: Description: http://2.bp.blogspot.com/_n6bFsSd8OaI/SxAG-P9zE6I/AAAAAAAAAEo/aNi2aN2OEms/s400/KOmpilasi_penyembelihan.jpg
Alhamdulillah, sampai dengan menjelang Sholat Iedul Adha... terkirim penambahan hewan qurban sebanyak 5 ekor domba. Sumber penambahan tersebut berasal dari :
  1. Wiwin Sandra Dewi
  2. Asyro Hasbar bin Bakar Mail
  3. Komarudin (2 ekor)
  4. Diki
Sehingga secara keseluruhan terdapat 24 ekor domba. Gambar tersebut (penyembelihan-pencacahan-pendistribusian) mewakili dari aktivitas rangkaian kegiatan kami di hari Jumat 27 Nov 2009, atau pada hari Tashrik pertama.
Ø  KAMIS, 26 NOVEMBER 2009
Description: Description: Description: Description: Description: http://1.bp.blogspot.com/_n6bFsSd8OaI/Sw7gEZf7BZI/AAAAAAAAAEY/GNeJxm99a5A/s320/Kompilasi_a.jpgDescription: Description: Description: Description: Description: http://4.bp.blogspot.com/_n6bFsSd8OaI/Sw7hBsFV8HI/AAAAAAAAAEg/E5ZHCNk8OWs/s400/Kompilasi_b.jpg
Gambar tersebut adalah domba-domba dari para pe-Qurban yang diserahkan kepada Yayasan kami. Terima kasih kami ucapkan, semoga amal ibadah anda diterima di sisi Alloh SWT.

Description: Description: Description: Description: Description: http://2.bp.blogspot.com/_n6bFsSd8OaI/Sw6OalDffqI/AAAAAAAAAEQ/p72QDh2YYQ0/s320/design.jpg
Memasuki momentum hari raya Idul Adha 1430H/2009 ini, kita diingatkan untuk melakukan napak tilas Nabi Ibrahim-Ismail kecil yg ikhlas dan rendah hati mengorbankan "Ismail" yang paling dicintai. "Kamu tidak akan mendapatkan kebaikan(yang sempurna) sebelum kamu mendermakan/mengorbankan sebagian dari hartamu yang kamu cintai."(QS.Ali Imran:92)









Description: Description: Description: Description: Description: http://2.bp.blogspot.com/_n6bFsSd8OaI/SwLY9AMB-yI/AAAAAAAAACw/_b_X0a41Wew/s320/Clip_3.jpg
Ini adalah kegiatan rutin setiap sore hari di Rumah Ceria I.
 Kalo Senin jadwalnya materi Fiqih Selasa-Akhlaq Rabu-Tauhid, Kamis-Tahfidz,Jumat-Tarikh. Kegiatan tersebut setiap sore jam 16.00-17.30. Pengajarnya di import dari Mahasiswa UIN. Pengajar tersebut diantaranya : Ust.Adin Nurdin, Ust.Engkos, Ust.Pupung. Mudah-mudahan menjadi bekal yang kuat bagi Anak-anak asuh kami,tentunya setiap ilmu yang mereka dapat di sekolah reguler setiap pagi hari harus juga dibarengi dengan ilmu agama.







Description: Description: Description: Description: Description: http://3.bp.blogspot.com/_n6bFsSd8OaI/SwHT2kylYlI/AAAAAAAAABQ/I9X6Ko3x4SQ/s320/IMG_1763.JPG
Alhamdulillah, setelah rampungnya RUMAH CERIA I pada pertengahan tahun 2008 , kami bermaksud membangun Rumah CERIA II. RUMAH CERIA adalah istilah bagi kami yang mempunyai makna sebagai tempat tinggal .
Keberadaan tempat tinggal merupakan sarana utama bagi kami untuk mendukung proses pembekalan dan pembinaan anak-anak Yayasan Mutiara Bani Solihin.
Doa dan peran serta saudara tentunya sangat kami harapkan untuk kelancaran proses pembangunan RUMAH CERIA II tersebut.
Adapun lokasi RUMAH CERIA II terletak di kompleks Kavling Islamic Blok D No.163 RT 02 RW 07desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi- Kabupaten bandung. atau terletak kurang lebih 100 meter dari lokasi RUMAH CERIA I berada.






Kesimpulan

Yayasan Yatim Piatu & Dhuafa Mutiara Bani Sholihin Kelurahan Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung berdiri sebagai wujud usaha untuk membantu kesejahteraan sosial khususnya yatim piatu & dhuafa. berfungsi sebagai lembaga sosial dimana dalam kehidupan sehari-hari, anak di asuh, di didik, di bimbing, di arahkan, di beri kasih sayang, di cukupi kebutuhan sehari-hari dan di beri keterampilan, agar anak tidak kehilangan suasana seperti dalam keluarga, dimana pengelola memberikan pelayanan kesejahteraan pada anak yatim piatu & dhuafa dengan memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sosial agar kelak mereka mampu hidup layak dan mandiri di tengah-tengah masyarakat. Pelayanan dan pemenuhan kebutuhan anak dimaksudkan agar anak dapat belajar dan berusaha mandiri serta tidak hanya menggantungkan diri terhadap orang lain kelak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar